Senin, 30 Juni 2014

Tugas Softskill

                Karakteristik Responden
                Data responden dilakukan oleh penulis dari penelitian ini adalah sebanyak 30 responden. Data mengenai karakteristik responden sebagai berikut:
a.       Profil Responden Berdasarkan Usia
Untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan usia dapat dilihat pada tabel 3.1 berikut ini:
Tabel 3.1 Profil Responden Berdasarkan Usia
Usia
Jumlah Responden
Persentase %
20 Tahun
10
33,33%
21 Tahun
12
40%
22 Tahun
4
13,33%
>= 23 Tahun
4
13,33%
Jumlah
30
100%



Berdasarkan tabel 3.1 dapat diketahui bahwa responden yang berusia 20 tahun berjumlah 10 orang atau sebesar 33,33%, 21 tahun berjumlah 12 orang atau sebesar 40%, 22 tahun berjumlah 4 orang atau sebesar 13,33%, diatas sama dengan 23 tahun berjumlah 4 orang atau sebesar 13,33%. Jadi dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden dalam penelitian ini berusia 21 tahun.   

b.      Profil Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat pada tabel 3.2 berikut ini:
Tabel 3.2 Profil Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Jenis Kelamin
Jumlah Responden
Persentase %
Pria
17
56,66%
Wanita
13
43,33%
Jumlah
30
100%

                Berdasarkan tabel 3.2 dapat diketahui bahwa data yang diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh responden menunjukan responden yang berjenis kelamin pria sebesar 56,66%, dan responden yang berjenis kelamin wanita sebesar 43,33% oleh karena itu dapat disimpulkan mayoritas responden dalam penelitian ini adalah pria.

c.       Profil Responden Berdasarkan Banyaknya Pengguna Handphone Selular
Untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan banyaknya Handphone selular dapat dilihat pada tabel 3.3 berikut ini:
Tabel 3.3 Profil Responden Berdasarkan Banyaknya Pengguna Handphone Selular
Banyaknya Pengguna Handphone selular
Jumlah Responden
Persentase %
1
14
46,66%
2
12
40%
>2
2
6,66%
Tidak Punya
1
3,33%
Jumlah
30
100%

                Berdasarkan tabel 3.3 dapat diketahui bahwa responden yang mempunyai 1 Handphone selular sebesar 46,66%, 2 Handphone selular sebesar 40%, diatas 2 Handphone selular sebesar 6,66%, dan yang tidak mempunyai Handphone selular sebesar 3,33%. Jadi dapat disimpulkan bahwa responden yang paling banyak mempunyai kartu debit yaitu berjumlah 1 Handphone selular perorangnya.

d.      Profil Responden Berdasarkan Banyak Transaksi pada M-Banking
Untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan banyak transaksi pada M-Banking dapat dilihat pada tabel 3.5 berikut ini:
Tabel 3.5 Profil Responden Berdasarkan Banyak Transaksi pada M-Banking
Banyak Transaksi pada M-Banking
Jumlah Responden
Persentase %
1x
7
23,33%
1x – 3x
11
36,66%
> 3x
10
33,33%
Tidak sama sekali
2
6,66%
Jumlah
30
100%
                Berdasarkan tabel 3.5 dapat diketahui bahwa responden yang melakukan transaksi sebanyak 1x sebesar 23,33%, diantara 1x – 3x sebesar 36,66%, diatas 3x sebesar 33,33%, dan yang tidak melakukan transaksi sama sekali sebesar 6,66%. Jadi dapat disimpulkan bahwa yang paling banyak melakukan proses transaksi pada M-Banking yaitu sebesar 36,66% yang melakukannya diantara 1x – 3x proses transaksi.

e.      Profil Responden Berdasarkan Tahu / Tidaknya Tentang M-Banking
Untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan tahu / tidaknya tentang M-Banking yang  dapat dilihat pada tabel 3.6 berikut ini:
Tabel 3.6 Profil Responden Berdasarkan Tahu / Tidaknya Tentang M-Banking
Tahu / Tidak Tentang M-Banking
Jumlah Responden
Persentase %
Ya
4
13,33%
Tidak
26
86,66%
Jumlah
30
100%
               
                Berdasarkan tabel 3.6 dapat diketahui bahwa responden yang mengetahui tentang M-Banking masih sedikit yaitu dengan persentase 13,33% sedangkan yang belum tahu tentang M-Banking cukup besar yaitu dengan persentase 86,66%. Jadi dapat disimpulkan bahwa responden kebanyakan belum begitu tahu tentang M-Banking, hal tersebut wajar karena M-Banking digunakan untuk kalangan atas.

3.2          Analisa Responden sebagaimana akan menjadi pengguna M-Banking dengan pedekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada Masyarakat
                Pada bagian ini akan diuraikan data tanggapan 30 Masyarakat dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Untuk mendapatkan gambaran responden mengenai M-Banking secara menyeluruh, dilakukan rekapiltulasi jumlah skor tanggapan responden berdasarkan indikator pada tabel berikut:
Tabel 3.7 Rekapitulasi Skor Jawaban Responden Mengenai M-Banking dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)
No
Indikator
Skor Aktual
Skor Ideal
%
Kategori
1
Perceived usefulness
465
600
77,5%
Setuju
2
Perceived ease of use
311
450
69,11%
Setuju
3
Attitude toward using
418
600
69,67%
Setuju
4
Actual  usage
204
300
68%
Ragu-ragu
Total
1398
1950
71,69%
Setuju
Perhitungan: Skor Ideal = Jumlah Pertanyaan * Nilai Tertinggi * Jumlah Responden


Berdasarkan persentase total skor tanggapan responden maka dapat disimpulkan bahwa respon masyarakat terhadap kemunculan M-Banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) termasuk dalam kategori setuju.
Dilihat dari dimensi perceived usefulness (persepsi kemanfaatan) adalah suatu tingkatan yang dipercaya bahwa suatu teknologi akan mendatangkan manfaat bagi orang yang menggunakannya, dikategorikan setuju. Dalam hal ini teknologi yang digunakan yaitu suatu E-Banking  masa depan atau biasa dikatakan dengan M-Banking.
Dilihat dari dimensi perceived ease of use  (persepsi kemudahan pengguna) adalah suatu tingkatan yang dipercaya bahwa suatu komputer dipercaya akan selalu mudah untuk dipelajari dan digunakan, dikategorikan setuju.
Dilihat dari dimensi attitude toward using adalah suatu tingkatan sebagai  sikap  terhadap  penggunaan sistem yang berbentuk penerimaan atau penolakan sebagai dampak bila seseorang menggunakan suatu teknologi dalam pekerjaannya, dikategorikan setuju yang berarti berbentuk penerimaan.
Dilihat dari dimensi actual  usage adalah suatu tingkatan sebagai bentuk respon psikomotor eksternal yang diukur oleh seseorang dengan penggunaan nyata, dikategorikan ragu-ragu.
Berikut diuraikan hasil tanggapan responden mengenai M-Banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada masyarakat berdasarkan tiap indikator di atas:
1.       Perceived Usefulness
Perceived usefulness diukur menggunakan tanggapan responden pada pertanyaan yang dapat dilihat pada tabel 3.8 berikut ini:
Tabel 3.8 Distribusi Jawaban Responden Mengenai M-Banking Menggunakan Ukuran Perceived usefulness
No
Butir Kuesioner
Skor Jawaban Responden
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
M-Banking akan meningkatkan efektifitas pelayanan kegiatan perbankan
F
0
0
0
30
0
120
%
0
0
0
100
0
100%
2
M-Banking akan meningkatkan kinerja pelanan kegiatan perbankan
F
0
0
6
24
0
114
%
0
0
20
80
0
100%
3
M-Banking akan meningkatkan produktifitas dalam pelayanan kegiatan perbankan
F
0
0
6
24
0
114
%
0
0
20
80
0
100%
4
Menurut saya M-Banking akan sangat bermanfaat
F
0
0
4
25
1
117
%
0
0
13,33
83,33
3,34
100%
Total
F
0
0
16
103
1
465
Persentase Total Skor Jawaban Responden = 77,5%
Keterangan:
F = Jumlah Responden                  3 = Ragu-ragu
1 = Sangan Tidak Setuju                4 = Setuju
2 = Tidak Setuju                                                5 = Sangat Setuju

                Berdasarkan jumlah skor jawaban responden pada tabel 3.8 diatas, selanjutnya ditetapkan tingkat kategori persentase skor tanggapan responden terhadap skor ideal menggunakan rumus sebagai berikut:
% skor tanggapan responden = (465/4*5*30) * 100% 
% skor tanggapan responden = (465/600) * 100%
% skor tanggapan responden = 77,5%
                Persentase total skor tanggapan responden atas indikator 77,5%, bila merujuk pada tabel 3.8 termasuk dalam kategori setuju.

2.       Perceived Ease of Use
Perceived ease of use diukur menggunakan tanggapan responden pada pertanyaan yang dapat dilihat pada tabel 3.9 berikut ini:
Tabel 3.9 Distribusi Jawaban Responden Mengenai M-Banking Menggunakan Ukuran Perceived Ease of Use
No
Butir Kuesioner
Skor Jawaban Responden
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
M-Banking akan mudah dipelajari dan digunakan
F
0
1
15
14
0
103
%
0
3,33
50
46,67
0
100%
2
M-Banking akan fleksibel
F
0
0
19
11
0
101
%
0
0
63,33
36,67
0
100%
3
M-Banking akan dapat mengontrol proses administrasi perbankan
F
0
2
9
19
0
107
%
0
6,67
30
63,33
0
100%
Total
F
0
3
43
44
0
311
Persentase Total Skor Jawaban Responden = 69,11%
Keterangan:
F = Jumlah Responden                  3 = Ragu-ragu
1 = Sangan Tidak Setuju                4 = Setuju
2 = Tidak Setuju                                                5 = Sangat Setuju

                Berdasarkan jumlah skor jawaban responden pada tabel 3.9 diatas, selanjutnya ditetapkan tingkat kategori persentase skor tanggapan responden terhadap skor ideal menggunakan rumus sebagai berikut:
% skor tanggapan responden = (311/3*5*30) * 100% 
% skor tanggapan responden = (311/450) * 100%
% skor tanggapan responden = 69,11%
                Persentase total skor tanggapan responden atas indikator 69,11%, bila merujuk pada tabel 3.9 termasuk dalam kategori setuju.

3.       Attitude Toward Using
Attitude toward using diukur menggunakan tanggapan responden pada pertanyaan yang dapat dilihat pada tabel 3.10 berikut ini:
Tabel 3.10 Distribusi Jawaban Responden Mengenai M-Banking Menggunakan Ukuran Attitude Toward Using
No
Butir Kuesioner
Skor Jawaban Responden
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
Saya menyukai menggunakan M-Banking
F
0
2
20
8
0
96
%
0
6,67
66,67
26,66
0
100%
2
Menggunakan M-Banking adalah ide yang bagus
F
0
1
10
18
1
109
%
0
3,33
33,34
60
3,33
100%
3
Menggunakan M-Banking adalah ide yang bijaksana
F
0
1
16
13
0
102
%
0
3,33
53,34
43,33
0
100%
4
Penggunaan M-Banking dinilai perlu
F
0
1
8
20
1
111
%
0
3,33
26,67
66,67
3,33
100%
Total
F
0
5
54
59
2
418
Persentase Total Skor Jawaban Responden = 69,67%
Keterangan:
F = Jumlah Responden                  3 = Ragu-ragu
1 = Sangan Tidak Setuju                4 = Setuju
2 = Tidak Setuju                                                5 = Sangat Setuju
                Berdasarkan jumlah skor jawaban responden pada tabel 3.10 diatas, selanjutnya ditetapkan tingkat kategori persentase skor tanggapan responden terhadap skor ideal menggunakan rumus sebagai berikut:
% skor tanggapan responden = (418/4*5*30) * 100% 
% skor tanggapan responden = (418/600) * 100%
% skor tanggapan responden = 69,67%
                Persentase total skor tanggapan responden atas indikator 69,67%, bila merujuk pada tabel 3.10 termasuk dalam kategori setuju.

4.       Actual Use
Actual usage diukur menggunakan tanggapan responden pada pertanyaan yang dapat dilihat pada tabel 3.11 berikut ini:
Tabel 3.11 Distribusi Jawaban Responden Mengenai M-Banking Menggunakan Ukuran Actual Usage
No
Butir Kuesioner
Skor Jawaban Responden
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
Saya berniat menggunakan M-Banking
F
0
1
17
12
0
101
%
0
3,33
56,67
40
0
100%
2
Saya berniat akan menggunakan M-Banking lebih sering dari mendatangi langsung bank untuk melakukan proses transaksi
F
0
1
16
12
1
103
%
0
3,33
53,34
40
3,33
100%
Total
F
0
2
33
24
1
204
Persentase Total Skor Jawaban Responden = 68%
Keterangan:
F = Jumlah Responden                  3 = Ragu-ragu
1 = Sangan Tidak Setuju                4 = Setuju
2 = Tidak Setuju                                                5 = Sangat Setuju

                Berdasarkan jumlah skor jawaban responden pada tabel 3.11 diatas, selanjutnya ditetapkan tingkat kategori persentase skor tanggapan responden terhadap skor ideal menggunakan rumus sebagai berikut:
% skor tanggapan responden = (204/2*5*30) * 100% 
% skor tanggapan responden = (204/300) * 100%
% skor tanggapan responden = 68%

                Persentase total skor tanggapan responden atas indikator 68%, bila merujuk pada tabel 3.11 termasuk dalam kategori ragu-ragu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar